Kenalan

Aku adalah seorang lelaki ‘tulen’ yang dilahirkan dan dibesarkan di sebuah kota kecil di belahan selatan Pulau Jawa. Ya, itulah Daerah Istimewa Yogyakarta atau lebih akrab disapa dengan sebutan Kota Jogja. Aku dilahirkan tepatnya 26 tahun yang lalu tanggal 14 Maret di sebuah rumah sakit kecil di kawasan Kotagede. Seperti layaknya anak-anak lainnya, aku pun mengalami masa-masa kecil dengan bergaul dengan teman-teman sejawat di tempat pendidikan bikinan pemerintah. Sekolah.

Masa sekolah dasar aku tempuh secara normal yaitu 6 tahun di Sekolah Dasar Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Masuk tahun 1990 dan mendapatkan ijazah kelulusan tahun 1996. Aku tidak tahu pada saat itu aku termasuk siswa yang berprestasi atau tidak. Namun dinyatakan lulus aja sudah bersyukur. Sebagai tindak lanjut kelulusan Sekolah Dasar, akupun melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih lanjut yaitu dengan melanjutkan pendidikan di SMP N 9 Yogyakarta. Di situ aku mulai menemukan siapa diriku ini. Aku lebih fokus pada beberapa bidang pelajaran terutama yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan Sosial. Sejarah paling aku suka. Beberapa kali aku masuk ke dalam rangking 10 besar. Lumayanlah. Masuk sekolah menengah pertama di tahun 1996 dan lulus tahun 1999. Ada hal yang sangat aku banggakan ketika aku duduk di bangku SMP. Selama 3 tahun aku menjadi pasukan inti/peleton inti dan hasilnya pun tidak mengecewakan, dua kali berturut-turut menyabet juara umum lomba baris-berbaris tingkat provinsi. Sangat membanggakan.

Selepas dari SMP aku lantas mandaftarkan diri ke SMA N 10 Yogyakarta. Karena nilai memang hanya mencukupi untuk masuk di sekolah tersebut. Di sini nilai-nilai kedewasaanku mulai tumbuh. Sudah mulai mengenal pergaulan anak muda, sudah mulai mengenal pacaran, dan lain-lain. Hari-hariku selama mendekam di bangku SMA banyak aku isi dengan bermain musik bersama teman-teman sebayaku, entah di sekolah ataupun di kampung. Aku punya beberapa band yang sering tampil pada event-event tertentu.

Tahun 2002 aku berhasil menyelesaikan masa-masa SMA ku. Aku diterima di sebuah universitas negeri ternama di Kota Yogyakarta, UGM. Tentu semua orang sudah tahu kampus yang satu ini. Masuk di Jurusan Arkeologi membangkitkan naluri laki-lakiku untuk mencintai petualangan. Di sini lahir dan batin ku benar-benar digojlok. Dibentuk menjadi seorang yang mempunyai karakter. Selama menjalani masa kuliah, aku merasa menjadi seorang mahasiswa yang lumayan cerah, dalam artian secara akademis boleh dikatan cukup baik. Aku sering membantu dosen dalam penelitian-penelitian arkeologi. Mulai dari penggarapan prasasti, naskah lontar, ekskavasi, penelitian tentang pertanian masa lampau, dan lain-lain. Aku juga selalu dimintai tolong oleh adik-adik angkatan untuk pembicara atau guide pada acara-acara tertentu. Lumayan buat menambah pengalaman.

Aku berhasil menyelesaikan studiku di jurusan arkeologi UGM selama 4 tahun lewat 4 bulan (kalau tidak salah) dengan predikat cumlaude IPK 3,62. Sebuah prestasi yang cukup bikin bangga kedua orangtuaku. Sekarang aku mempunyai kesibukan baru yaitu dengan bekerja sebagai PNS di Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta. Aku bekerja di bagian pengawasan sumberdaya kelautan, paling tidak masih ada hubungannya dengan basic pendidikan yang seorang arkeolog karena bidang pekerjaanku berkaitan dengan Benda Berharga Asal Muatan Kapal yang Tenggelam (BMKT).

Iklan
  1. Lanjutkan karya-karya mas yaaa…..

  2. insya allah, gairah menulisku sudah mulai tumbuh lagi.makasih kunjungannya ke blog ini.

  3. Andi Munawir A

    Salam hormat mas,.Dari Andi Di Makassar,.Mohon bantuan tentang peraturan terbaru di BMKT,.081245454333 (HP),.Ada satu titik lokasi Kapal yg ditemukan,.trima kasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: