Hayoo…siapa yang pernah Cantengan ?

Jari KakiTuhan memang menciptakan manusia sebagai makhluk yang sempurna. Manusia dikaruniai oleh sang pencipta berupa akal yang tidak dipunyai oleh makhluk yang lainnya. Fisik manusia pun ada beragam rupa, ada yang ganteng, ada yang setengah ganteng, jelek, jelek sekali, namun tetap saja sejelek-jeleknya manusia tetap dianggap sebagai makhluk yang paling sempurna. Mengapa tuhan memberikan pada beberapa orang muka yang kurang ganteng atau kurang cantik? Ya mungkin saja biar kehidupan di dunia ini ada variasinya. Yang punya wajah ganteng akan selalu bersyukur bahwa masih ada orang jelek. Orang jelek pun akan selalu bersyukur karena ternyata masih ada orang lebih jelek darinya. Nah yang kasihan adalah orang yang paling jelek sejelek-jeleknya, karena tidak ada yang lebih jelek dari dia.

Namun, apalah artinya jika mempunyai wajah ganteng atau cantik nan rupawan namun punya penyakit yang sebenarnya cukup memalukan, entah itu panu, kudis, kurap, atau mungkin cantengan? Yah, jenis penyakit yang saya sebut terakhir tersebut barangkali masih belum banyak yang mengetahui. Pria setampan Brad Pitt atau cewek secantik Taylor Swift pun pasti akan malu, tidak pe-de, minder, bahkan tersiksa setengah mati jika mengalami penyakit ini. Masak sih artis bisa kena cantengan? Ya bisa saja lah, kan penyakit tidak mengenal agama, suku, ras, ataupun kasta. Jika anda tertarik untuk mengenal yang namanya cantengan ini, mari kita simak. Sekedar untuk gambaran, saya mencoba mencari informasi mengenai penyakit cantengan ini lewat internet. Ya, google.

Cantengan menurut kamus kedokteran biasa disebut Paronychia (baca : paronikia). Paronikia merupakan infeksi di sekitar tepi kuku bahkan mungkin seluruh bagian kuku. Paronikia merupakan jenis infeksi yang paling sering terjadi pada tangan, namun banyak juga yang terjadi pada kuku kaki, dan jika tidak diobati dengan tepat dapat berkembang menjadi infeksi yang lebih parah. Paronikia paling sering disebabkan oleh bakteri kulit, biasanya memasuki kulit di sekitar kuku yang telah rusak oleh trauma, seperti menggigit kuku, mengisap jari, cuci piring, atau iritasi kimia. Infeksi jamur juga dapat menjadi penyebab paronikia, dan harus dicurigai terutama pada orang dengan infeksi kuku berulang dan tak kunjung sembuh.

Cantengan

jari kaki yang mengalami cantengan

jari kaki yang mengalami cantengan

Gejala awal paronikia yang paling mudah dikenali adalah adanya pembengkakan pada bagian di sekitar kuku baik tangan maupun kaki. Secara medis ini disebut cellulitis. Pada keadaan ini kuku sangat sakit bila disentuh dan kemudian berlanjut kuku dan/atau kulit menjadi berwarna kuning-hijau, yang menunjukkan bahwa terjadi pengumpulan nanah di bawah kuku dan kulit (disebut abses). Gejala yang paling umum yakni : pembengkakan, kemerahan, bernanah, terasa nyeri bahkan nyut-nyutan.

Itulah yang disebut dengan cantengan. Apa ada yang sudah pernah mengalami ? saya harap jangan deh. Tidak enak soalnya. Saya tergelitik untuk berbagi cerita tentang penyakit ini karena memang penyakit ini dampaknya sangat luar biasa, baik secara fisik maupun psikis. Dampak secara fisik karena memang saya begitu tersiksa karena penyakit ini, sedangkan secara psikis karena penyakit ini cukup memalukan. Kalau tidak salah ingat, saya mulai merasakan penyakit ini sudah semenjak duduk di bangku SMA (atau mungkin malah pas SMP ya, saya lupa). Dan, puncaknya hadir pada awal tahun 2013.

Memang benar dengan apa yang telah disampaikan oleh uraian diatas. Jika pada suatu ketika kuku jari tangan atau kaki anda merasakan sakit, terutama pada bagian tepi, itu patut dicurigai bahwa bagian pinggir kuku anda ada yang menusuk daging. Jika disentuh pasti akan nyut-nyutan. Nah, biasanya si penderita kalau tidak paham, maka akan mencoba memotong bagian kuku yang menancap tersebut. Hal demikian dapat dilakukan dengan menggunakan alat pemotong kuku. Ok, sukses. Rasa nyut-nyutan sudah hilang. Namun ternyata, itu adalah awal dari penderitaan selanjutnya. Karena ternyata kuku akan terus tumbuh memanjang seperti pada sedia kala. Jadi ya jari kita akan sakit lagi karena kuku kembali menusuk. Hal tersebut akan terus terjadi secara berulang-ulang kalau penanganannya masih tetap sama.

Pada suatu ketika saya sudah cukup frustasi. Sampai-sampai alat pemotong kuku sudah tidak sanggup lagi menjangkau bagian kuku yang mau saya potong karena sudah mentok. Akhirnya saya menggunakan pisau silet dengan harapan supaya lebih mudah memotongnya. Darah pun keluar sedikit. Astaga. Ya Allah, sampai kapan saya harus mengalami nasib seperti ini.

Cantengan yang saya alami ini tidak tanggung-tanggung. Jempol kaki kanan dan kiri saya menjadi korban. Mungkin biar seimbang sakitnya. Kondisinya pun sudah tidak ringan lagi karena kedua jempol kaki saya sudah bengkak dan dipenuhi dengan nanah. Ingin rasanya kutusuk-tusuk biar nanahnya keluar semua. Dan pada suatu hari kucoba untuk menyodet sendiri nanah tersebut. Keluar nanahnya. Namun ternyata besok harinya mulai membengkak lagi. Oh my god.

Di suatu pagi yang cerah akhirnya kuberanikan diri mendatangi sebuah rumah sakit swasta di bilangan jalan raya sawangan kota Depok.

“Bapak mau periksa apa?” tanya petugas di loket pendaftaran.

“ehh..ini, jempol kaki saya bengkak. Ada kuku yang nancap kayaknya”, jawabku.

“ohh..langsung ke UGD saja ya pak !”, suruh si petugas lagi.

Astaga…!! Mendengar kata UGD pikiranku langsung melayang kemana-mana. Yang saya bayangkan adalah aneka macam peralatan operasi yang siap membedah jempol kakiku.

Dengan langkah yang cukup berani saya pun berjalan menuju ruang UGD. Disana sudah siap beberapa dokter yang siap mengeksekusi. “wah ini sudah parah pak, harus dicabut,” kata bu dokter. Whatt…!! Saya pun mengemis kalau bisa dikasih obat dulu saja. Akhirnya kedua jempol saya dibersihkan bengkaknya dan diberikan obat berupa antiobiotik.

Hari-hari saya pun diwarnai dengan minum obat antibiotic. Dan memang ternyata obat tersebut cukup ampuh untuk mengurangi pembengkakan pada kedua jempol kaki saya. Cukup lega saya. Tetapi masalah muncul kembali ketika obat antibiotic tersebut sudah habis. Jempolku bengkak lagi. Nanah sudah mulai menguning. Siap dipanen mungkin. Hingga pada suatu ketika saya tertarik untuk membeli obat cantengan herbal lewat online. Sampai beli dua kali, penyakit tidak kunjung sembuh. Malah semakin parah. Saya lalu coba salep gentamicyn yang berdasarkan hasil pengamatan di google dan pengalaman netizen mampu menyembuhkan cantengan. Ternyata hasilnya nihil. Justru beberapa bagian jempol kaki saya mulai tampak menghitam. Ya Allah, tolonglah hambamu ini.

Puncaknya adalah ketika saya sudah tidak dapat mengenakan sepatu lagi untuk pergi ke kantor. Selain karena memang sakit, saya mencoba agar kedua jempol saya selalu dalam kondisi kering. Sehingga saya menggunakan sandal jika pergi ke kantor. Melihat kondisi jempol kaki yang sudah semakin parah, nanah semakin melebar, dan jempol mulai tampak hitam , maka istriku langsung memutuskan untuk menyuruh saya pergi ke rumah sakit lagi. Operasi. Mungkin itulah cara terakhir untuk memusnahkan penyakit yang sudah lama hinggap. Sebelumnya saya mencoba untuk browsing-browsing di internet mengenai proses operasi pengangkatan/pencabutan kuku kaki. Beberapa blog netizen yang saya baca memberitahu bahwa mereka lebih memilih pengobatan oral, namun ada juga yang lebih memilih operasi. Proses operasi yang saya baca memang cukup mengerikan, dimana jarum suntik untuk bius ditusukkan pada celah antara kuku dan daging. Ohh no..!! Pasti rasanya sakit sekali. Saya nggak sanggup untuk membayangkannya.

Tepat pukul 08.00 pagi, dengan perasan yang berkecamuk, kulangkahkan kaki ini menuju ruang bertuliskan UGD. Sebuah ruangan yang barangkali terkesan angker bagi sebagian orang. Setelah proses administrasi selesai, saya pun lantas disuruh untuk menempati ruang dimana eksekusi akan segera dilakukan. Seorang ibu mengenakan jas putih khas dokter dengan tenang memeriksa kondisi kedua jempol kakiku yang akan dioperasi. “Wah sudah parah ya ini pak, ini kalau sudah sangat-sangat parah bisa-bisa diamputasi pak jempolnya. Karena kemungkinan banyak jaringan yang sudah mati,” kata bu dokter itu. Aihh…. Dengan dibantu seorang perawat, dokter segera mengambil alih suntikan yang sebelumnya telah disiapkan oleh si perawat. Crut…setelah memastikan cairan bius lokal keluar dari lubang jarum suntik, ditancapkanlah jarum tersebut pada salah satu sisi jempol kaki kanan saya. Ok..nggak papa. Cuma mirip digigit semut. Perlahan jempol kaki saya sudah mulai kebal pada bagian yang disuntik. Suntikan kedua pun dimulai. Kali ini bu dokter agak kesulitan dalam memasukkan cairan biusnya karena obat bius terhalang oleh nanah yang ada di dalam daging jempol kaki. Akhirnya jarum suntik pun dibelokkan sedikit agar obat bius dapat masuk. Kerasa banget pas jarum suntiknya dibelokkan. Setelah selesai suntikan kedua, maka dilanjutkan dengan suntikan ketiga dan keempat. Total ada empat suntikan, yaitu di tiap bagian ujung kuku.

Selanjutnya bu Dokter menunggu sebentar hingga bius lokalnya bekerja. “Kerasa tidak pak?” tanya bu Dokter sambil menyentil-nyentil jempol saya dengan tangannya. “Tidak dok,” jawab saya. Dengan cekatan tangan bu dokter tersebut langsung mengambil alat, tidak tahu apa namanya, mungkin saja tang, dan dengan segera langsung mencabut kuku saya dengan alat tersebut. Saya tdak berani melihat prosesi pencabutannya. Ngeri. Namun istri saya cukup berani untuk menyaksikannya. Kontan saja jempol kaki saya langsung berubah menjadi warna merah karena adanya darah segar. Di pikiran saya waktu itu hanya satu, ternyata tidak sakit. Tidak seperti yang saya bayangkan pada saat googling di internet. Si perawat kemudian menaburi jempol kaki saya dengan obat antiseptic dan selanjutnya diperban dengan kain kasa.

Pasca Operasi

Ok. Jempol kaki kanan telah selesai dicabut melalui tindakan operasi kecil yang cukup menegangkan. “Bagaimana pak? Mau langsung lanjut yang kaki kiri ?” tanya sang Dokter. Hadehhh…. Berkeringat saya mendengarnya. Saya berpikir sebentar. Operasi pertama tadi berjalan lumayan lancar walaupun ada sedikit masalah pada saat memasukkan obat bius. Tapi tidak apalah. Biar saja sekalian. “Iya Dok, sekalian saja ya, tapi saya istirahat sebentar karena masih agak berkeringat dingin,” pinta saya. Selang lima menit operasi pencabutan kuku jempol kaki pun dilanjutkan. Kali ini bagian kaki kiri yang dioperasi. Tahapannya juga sama dengan operasi yang pertama tadi. Hanya saja tindakan pada kaki kiri ini agak sedikit sulit karena nanah yang ada di dalam daging lumayan banyak dan sudah agak menghitam sehingga obat bius benar-benar agak susah masuknya.

Sebelum pulang dari rumah sakit, seperti biasa, dokter memberikan resep obat untuk mempercepat proses penyembuhan. Pesan bu dokter, selama satu minggu luka tidak boleh terkena air, tidak boleh memakai sepatu sampai luka benar-benar kering (alias dibiarkan dalam keadaan terbuka namun tetap memakai kain kasa), dan seminggu lagi control untuk mengganti perban.

Sekedar tips agar tidak mudah terserang cantengan antara lain :

  • Jangan terbiasa menggigit-nggit kuku jari;
  • Hindari memotong kuku sampai mepet daging terutama pada bagian ujung kanan dan kiri kuku;
  • Jangan terlalu sering membiarkan kaki dalam keadaan tertutup misalnya memakai sepatu. Sekali-sekali kaki juga perlu diangin-angingkan agar tidak lembab;
  • Apabila ada kuku yang menusuk daging, sebagai tanda awal cantengan, lebih baik biarkan saja kuku tersebut terus tumbuh. Kalau sakit ya biarkan saja. Karena apabila kuku tersebut sudah melewati daging maka rasa sakit perlahan akan hilang, biasanya tidak lama kok sakitnya.
Iklan

Posted on 16 Januari 2015, in kesehatan and tagged . Bookmark the permalink. 56 Komentar.

  1. wah…ngeri juga ya om….sy jg mengalami hal yg sama om, jempol kanan dan kiri kaki sy jg cantengan dan sudah hampir 1 tahun tidak kunjung sembuh,, setelah sy membaca pengalaman om ini maka sy akan memberanikan diri juga untuk operasi jempol sy ini….sudah muak sy om…tdk bs pake sepatu klo ke kantor, selain itu klo disentuh dikit aja sakitnya minta ampun….trima kasih om atas share pengalamannya…

    • hihiii….sama ya om pengalamannya. memang cara terakhir untuk mengobati penyakit ini ya operasi, nggak lama kok operasinya. pernah suatu ketika kambuh lagi gara-gara saya motong kukunya terlalu pendek dan mentok, sempat bengkak dan bernanah. Saya coba kasih obat tetes ALBO**L dan ternyata manjur banget, nanah bisa kering sendiri dan bengkaknya hilang. Silakan dicoba..terima kasih sudah mampir

  2. Mau nanya biayanya kira-kira berapa?

  3. Sekarang bagaimana hasilnya pak? Apakah sudah benar2 sembuh? Saya frustasi ma penyakit ini…

    • alhamdulilah sudah baik pak, saya sekarang kalau memotong kuku tidak pernah sampai mentok lagi terutama pada bagian ujung, karena pasti akan luka lagi. biarkan saja agak panjang tidak apa-apa, tapi jangan panjang benget. dulu pernah sekali kambuh lagi gara-gara saya motongnya kependekan dan sempat bengkak. saya kasih obat ALBO**L dan alhamdulillah bisa sembuh dan nanahnya juga kering sendiri.

  4. Mas, total biaya operasi cantengan berapa?

  5. jual obat cantengan alami dan ampuh, simple, tinggal tetes penyakit cantenganpun beres…jangan tunggu sampai oprasi yang butuh biaya dan waktu yang tidak sedikit….cek disini >>> http://goo.gl/2GA7XA

  6. Itu cara pakai ALBO***L nya gimana.. saya lg kena juga udah beberapa minggu.. smpai agak item dkit

    • Bagian yang luka dibersihkan dulu pakai rivanol, kalau perlu dikompres sebentar. Setelah itu tinggal ditetes saja pakai obat tetesnya secara teratur. Nanti lama kelamaan lukanya akan kering sendiri. Yg penting biarkan saja kukunya numbuh sampai tidak nabrak daging lagi, jangan dipotong karena justru malah akan lebih parah. Semoga berhasil.

  7. kuku saya sudah menusuk daging kira kira sedalam 1 cm,tapi tidak bernanah,gimana ya solusinya,kalo operasi mah saya takut amat,dengarnya aja dah merinding

  8. Mas rahmat@ terus itu tahap selanjutnya bagaimana mad? Kira” sudah sembuh total belum kakinya? Karena saya baru saya melakukan pencabutan kuku di rumah sakit umum, ampun sakit bgt.kata dokter jangan pakai sepatu dulu tapi bagaimana saya kan kuliah sambil kerja juga mas sempet binggung..

  9. Sya jg prnh operasi d kedua jmpol kaki sya krna cantengan dan uda aga hitam tpi rsax wktu sya d operasi rsax skit bgt smpe2 sya teriak2 d ruang operasi smbil nangis krna biusx uda g brfungsi d suntikx aja d empol kanan sya smpai 7 kli tpi ttp tdk brfungsi truzz yg operasi sya ada skitar 6 dokter dan kpala bedahx yg langsung trun tgan kluar dri ruang operasi suami sya langsung nenangin sya dan dokter langsung lari ambilin sya obt untuk d minum stlh 2 mggu slsai operasi hsilx pun sya sembuh tpi skrng kambuh lgi kuku sya nancal d daging sya udah priksa k dokter,d ksih obt,g sembuh,sya ksih salep jg tdk sya rendam air hangat cmpur gram jg tdk dan tiap hri sya kompres rivanol tpi sampai skrng blm sembuh jg dan sya udah trauma bgt untk operasi tlong bntu sya,sya udah hmpir frustasi dan tiap hri suami sya yg jdi sasaran sya mrah krna sterss tolong sya tlong infonya sya sngt btuhkn

  10. Hai pak..salam cantengan (loh..ga enak bgt ya nyapanya hahaha),
    Saya juga mau sharing soal seputar cantengan.
    Namun kasus saya (yg saya yakini) cantengan saya bukan akibat motong kuku kependekan or melengkung, melainkan kuku saya panjang dan saya pengendara motor. Setiap mengendarai motor biasanya tangan kotor krn debu sampai masuk ke sela2 kuku yg panjang. Saya cuci tangan spt biasa dan suka ngorek2 kedalam kuku panjang saya dgn tujuan membersihkan debu2 tsb, apes mgkin saya terlalu dalam dan kencang saat membersihkan sehingga mgkin daging dibawah kuku saya tersentak dan radang.
    Awalnya pinggir jari tengah saya nyeri2 dan mulai ada sdikit bengkak serta terlihat putih tanda nanah sudah jadi. Saya diamkan krn wkt kecil prnh ngalamin ilang sendiri..tp rupanya makin parah sampai bengkak ke bagian telapak jari nyeri nyut2an dan jari hangat. Saya kebetulan bekerja drmh skt, suatu hari saya iseng nanya ke poli bedah bertemu dgn dokternya kata dokternya ini udh termasuk parah..akhirnya disarankan segera dtindak dgn bedah kecil utk mengeluarkan nanahnya..berhubung saya karyawan dan dok mau ada cito, pengerjaan pun dilakuka secara cepat TANPA BIUS..can u imagine thaaaat? cm pakai spray (entah apa namanya) yg buat dingin/rasa beku (yg biasa dipakai buat pemain bola cidera), lalu Jlebb…disematkanlah itu pisau bedah kecil di jari saya yg bengkak dgn rasa yg luar biasa sakiiitttttttttttttt. Lalu saay sayatan sudah dilakukan dipencet (PULAAAA) sampai nanahnya keluar. Namanya berasa nyeri pasti saya tegang kan, si dokter blg saya jgn stres krn darahnya jadi banyak keluar. Helllaaww, jgn stres?? Sakit begitu gmn ga stres huaaa.
    Akhirnya sama seperti pengalaman diatas, jari saya di steril dan diperban ga blh kena basah..dikasi obt dan antibiotik.
    Selang sehari dua hari emg udh rada enakan..tp dasar saya, ya namanyanya jg beraktifitas kan ya, jari pasca bedah udh dieman2 tetep aja suka kepentok lah keteken lah dll..akibatnya skrg nyeri n bengkak lagi. Nah bsk pagi saya mau ke dok bedahnya lagi, dimarahin deh liat ni jari bengkak lagi. Aahhh..perih klo musti dibedah ulang hiks..tp mgkin saya akan request anastesi lokal kali ya.
    Demikian sharing saya, doain ya mudah2an bsk lancar..huhuhu..takut.

  11. Huwaaaaa ini sy jg lagi cantengan sejak 8 feb. Awalan nanahnya keluar sendiri, sdh dibersihkan sm rivanol. Tapi msh sakit di ujung jempol. Curiga klo kuku nancap k dlm daging cz cuma di bagian ujung itu y sakit klo di pegang. Pernah kluar darah pas kepentok pdhal kepentoknya biasa aja. Akhirnya ke klinik. Sama dokter di suruh cabut tp sy takut. Sampe skrg maju mundur syahroni antara mw cabut Or gak. Bingung jg klo di cabut kan ga bs kemana-mana pdhal ada kerjaan di luar. Bahaya ya klo ga segera di cabut?? Trus boleh pake sepatu setelah brp hr tindakan pencabutan?

  12. saya sudah lama centengan nihh pingin cepett sembuhh tpi cara nya gimana???

  13. Paling efektif, cm dibedah atau di cabut.
    Kalau infeksi nya baru sehari 2 hari mungkin bisa pake albotyl, tp logika aja kalau udh mingguan, obat ga bisa jangkau infeksi di dalam daging yg membusuk. Dibanding cape alternatif, lsg tuntaskan aja ke dokter.
    Bedah baiknya ke dokter bedah (lebih mahal tp hasil lbh bagus karna hanya membuang 2-3mm kuku yg bermasalah), kalau cabut ke dokter umum atau UGD juga bisa (lebih murah, tp cabut kuku semua).
    Aku cantengan, daerah jakarta operasi bedah kira” 2-3jt untuk 1 jempol, overall puas, daging yg membusuk dibuang, dan dibersihin sampai ke dalam daging, penyembuhan seminggu – 2 minggu.
    Sakit pas di bedah? Tentu, ada satu waktu aku sampe meregang sakit, rasa panas gitu, tp itu cm 5mnt dari proses bedah 30mnt.
    Apa boleh buat, mau sembuh harus bedah, itu aja yg kita harus pikirin

    • setuju, mungkin obat tetes itu sebagai antisipasi saja jika lukanya belum terlalu parah. waktu cantengan saya kambuh dan sempat bernanah, saya terapi pakai obat tetes itu plus dibersihkan dahulu pakai revanol dan alhamdulillah nanahnya bisa kering.
      Untuk operasi memang ada beberapa pilihan mau yang sebagian atau full cabut dan tentu berdasarkan pertimbangan dari dokter.

  14. Kuku ku udah menancap ke dalam udah lama . tpi tdak bernanh bagai mna obatnya

  15. Tolong sharing donk yg prnah operasi bedah khusus cantengan , hee hee
    tempat n biaya operasi nya yg daerah bekasi n skita nya ..
    thx

    • Saya hari minggu kemarin operasi cantengan di rs siloam lippo cikarang kab bekasi. Nhaa kan waktu itu hari minggu langsung ke UGD nya. Sy Menderita Cantengan sdh 4 bulan di ke dua jempol kaki tp nanah nya ada di ujung pucuk luar jempol jd dokter memutuskan memotong dan mencabut seperempat kuku sj tidak seluruh kuku jempol. Sy di bius lokal masing2 4 suntikan. Suntikan pertama lumayan sakit tp tdk sbrp sakit alias msh bisa tahan. Setelah di suntik bius, jempol kaki terasa kebas n kesemutan. Selanjutnya kuku ujung jempol di tusuk n di congkel agar dokter nya dpt space utk klem penahan kuku. Klem trsbt berfungsi agar motong kuku nya mudah. Setelah nya jari kaki dibersihkan n jempol kaki di balut perban selama 3 hari tdk boleh kena air di beri pereda nyeri n antibiotik. Disaranin setelah operasi, segera d minum obat nya biar sampai rumah tdk nyeri ketika efek bius nya hilang krn sy tidak merasakan nyeri yg hebat sesaat setelah operasi dan malam harinya krn lgsg minum obat nya. Nhaa hari ini sdh hari ke-3 n waktunya control utk buka perban.

      • Oiya ketika dokter mencongkel kuku, akan terasa sakit n panas meskipun sdh d bius lokal namun ketika proses potong kuku n cabut, tidak terasa apa2 karena bius lokal

      • Maaf Pak operasi di siloam habis brp duit? Terus proses nya Itu bertahap atau langsung Satu Kali operasi aja. Makasih

  16. Kaki Ku jga cantengan 😥 tp tkut buat pergi ke dokter . tkut kukunya d copot 😥 . btw pak rasanya gmna si klo d operasi kukunya sakit ga? Ntar kukunya numbuh normal lg apa ngga?

  17. Ada makanan yg harus di hindari ga setelah pembedahan g

  18. Pas baru pertama dicabut kukunya, perbannya itu diganti pas seminggu kemudian ya? Soalnya kaki saya juga cantengan, udah hampir seminggu blm saya buka perban karena lengket dan saya takut juga bukanya. Mohon bantuannya. Terima kasih..

  19. Emangnya waktu mau operasi gak boleh yaa minta di suntik bius tidur , biar gak ngerasain sakit waktu kuku nya di copott ..
    Haduh yang bener yang mana sih , katanya gak sakit pas udah disuntik dijempolnya tapi kok pada coment sakit bangettt .. Huhuh jadi takuttt 😦

    • Saya waktu di operasi bius tidur kok 🙂

      • yang saya rasakan kemaren enggak sakit kok, pas disuntik bius lokal ya biasa saja seperti disuntik ambil darah. cuma, karena kondisi jempol saya kemaren sudah parah, sudah menghitam, nanah sudah melebar kemana-mana, katanya sebentar lagi sudah diamputasi, hahaaa…, itu yang menyebabkan biusnya susah masuk sehingga tidak bekerja secara maksimal karena ada nanah. kalo sakit nya belum parah seperti saya, saya kira tidak akan ada kendala saat memasukkan bius. kemaren itu, kondisi kaki kanan dan kiri saya agak berbeda. Yang kanan masih agak mendingan, yang kiri lumayan sudah parah. waktu cabut kuku yang jempol kanan sama sekali tidak kerasa, yang kerasa cuma waktu nyuntik biusnya saja, ga terlalu sakit. nah yang jempol kiri agak bermasalah karena nanahnya sudah banyak, sehingga bius ga bekerja maksimal, jadi waktu kukunya dicabut ya lumayan kerasa sakitnya. hihiiiii…

  20. rasanya kayak motong kuku terus kedaleman dan akhirnya keluar darah .. setelahnya nyeri nyeri dikit tp cuma pas ngelakuin gerakan .. kalo diem kayak nyut nyutan standar kok .. di puskesmas cuma 25.000 nggak ampe ratusan

  21. Setelah operasi cabut kuku berapa lama bisa lepas perban ya gan?

  22. Saya cantengan, udah gk ada nanah dan darah nya lagi.
    Tapi malahan ada daging tumbbuh disekitar jempol kaki. Apa harus dioperasi?
    Mohon bantuan nyaa ;(

  23. Sy cantengan udh pernah di operasi, tp penyakit nya balik lg, sy pernah ngalamin waktu kelas 2 SD dan di operasi kelas 6 SD. Tp waktu udh sekitar 2 bulan sesudah operasi, penyakitnya datang lg sampe sekarang sy kls 7 T_T. Cara sembuhin selain operasi lg gimana ?
    Mohon bantuannya ya :’)

    • kemaren saya juga sempat mau kambuh lagi, kanan dan kiri malahan. hahaaa….sudah sempat bengkak, yang kiri sudah sempat bernanah. tapi saya biarkan saja kukunya terus numbuh, meski lumayan sakit kalo disentuh. itu gara-gara saya motong kukunya kependekan. waktu sempat kambuh kemaren kan sudah keluar nanah tuh, saya cuma rawat dengan kasih rivanol lalu saya tetes obat tetes albo**l, secara rutin. lama-lama nanahnya akan kering dan tidak bengkak lagi.

  24. Mas….
    kalo diangkat/potong kukunya bisa tumbuh lagi mas?
    kan gak lucu kalo gak ada kuku nya…
    sayabdah hampir setengah tahun ni 🙂

  25. Saya juga pernah mengalami cantengan sejak tahun 2010 hingga 2016 ini, baru saja sembuh beberapa bulan yg lalu, saya sudah melalui berbagai macam cara mengobati cantengan saya secara tradisional dan melalui operasi medis beberapa kali tp pas kuku itu tumbuh cantengannya tetap setia kembali lg bahkan parahnya lg kedua kuku jempol kaki saya kena cantengan semua, saya sudah putus harapan lg tak tau sperti apa lg cara biar cantengan saya sembuh, saya merasa malu dg jika ketemu org liat kaki saya yg cantengan, akhirnya pd suatu saat, waktu cantengan saya lg gatal lalu saya potong pinggir kuku yg cantengan itu, ternyata yg terjadi hal yg tak pernah saya duga, waktu saya jepit kuku dg pemotong kuku lalu saya tarik paksa karena klo lg gatal cantengan saya gk sakit, disitulh keluar ternyata yg selama itu membuat kuku jempol saya cantengan, ternyata ada kuku yg sudah menusuk terlalu dalam ditepi kuku dlm daging yg mnebal berwarna kuning putih alias kuku yg sudah buruk dn berbau, sejak kuku itu tercabut infeksi cantengan saya mulai sembuh. Jd buat yg kukunya masih cantengan, yg diperhatikn adalah kebersihan kuku dan paling penting cara pemotongan kuku, usahakan memotong kuku menggunakan pemotong kuku, potong sampai ketepi kuku, kemudian tarik ujung kuku yg dipotong sampai keluar agar tak ada kuku yg tersisa karena akibat pemotongan kuku yg salah itulah penyebab sebagian banyak terkena cantengan, salah satu contoh adalah saya sendiri tp puji Tuhan sekarang kuku jempol kaki saya sudah sembuh dr cantengan.

    • wah, selamat ya mbakkkk, akhirnya terbebas juga dari penyakit yang cukup memalukan ini. hihiiii…..cantengan memang sumbernya adalah adanya kuku yang menancap pada daging sehingga luka dan akhirnya infeksi hingga bernanah. Operasi kuku pun ada yang model cabut sebagaian dan ada yang model full kuku. Kalo saya kemaren full kuku. Dan yang kita alami sama, jempol kaki kanan dan kiri. Malu-maluin bener yaaa..

  26. Saya juga mengalami cantengan dr sejak smp, sekarang saya kelas 1 sma. Mendengar kata operasi atau bedah kecil rasanya saya takut. Dulu saat saya smp mengalami cantengan tp saya selalu berusaha memotong ujung kuku yg menancap sendiri. Namun benar, ttp saja akan terus tumbuh. Dan suatu ketika saat saya sma jempol kaki kuku kiriku mengalami cantengan lagi. Namun skrg berbeda, saya membiarkannya. Krn saya fikir jempol kiriku bs seperti yg kanan jika dibiarkan tdk akan membengkak, menusuk bahkan bernanah. Tp ini sampai bengkak dan bernanah. Entah sudah berapa hr saya tdk menghitungnya. Saya sdh mencoba berbagai cara, merendam air hangat dgn garam, gentamisin, bahkan desoximetasone (anjuran ibu saya). Tp mungkin blm bs saya lihat perubahannya. Dan saya penasaran apa bnr bisa sembuh dgn memakai albhotyl? Smg saja bisa. Terimakasih sarannya, akan saya coba. Karena saya takut jika harus bedah kecil/operasi. Saya tidak berani.

    • tidak ada salahnya untuk mencoba, dulu saya juga lakukan berbagai cara seperti mencongkel dan memotong kuku pakai silet (sampai berdarah), rendam pakai air hangat, rivanol, gentamisin, kasih obat herbal habatussauda, namun hasilnya tidak ada perubahan, malah tambah parah, jempol sampai menghitam. sampai paling akhir memutuskan untuk operasi cabut kuku. Pasca operasi, kuku mulai tumbuh kembali. Namun ketika kuku sudah tumbuh sempurna, sy memotong terlalu pendek (mepet), dan akhirnya kambuh lagi. Sampai bengkak dan sedikit bernanah. Sy cb pakai abotil, setelah sebelumnya dibersihkan dulu pakai rivanol. Alhamdulillah bengkaknya ilang dan daging di sisi kuku kering. Silakan dicoba saja, apapun hasilnya. Semoga berhasil

  27. Saya mau tanya, kalo pake obat abothyl itu dicampur air atau langsung ditetes saja????? Sakit gak pak rasanya?:””

  28. Ada pantangan makanan gak yah setelah operasi cabut kuku?

  29. Sayah sudah 2 mbggu cantengan,sblh kiri jempol kaki,lnsng tumbuh daging, dan berwana hitam gtu,, mohon pencerahannya mas

  30. Obatnya namanya apa pak?

  31. nurul fadilah

    Setelah operasi, kukunya tumbuh sempurna kira-kira berapa lama ya?

  32. Sy pribadi tumbuh sempurna hampir 5bulan , kl kuku dah tumbuh stengahnya sih sudah tdk ngilu, tp syg sekali skrg cantengannya kumat lg haha.. Tp kalau tdk operasi cabut kuku jauh lebih menyiksa. Sy sarankan cabut sj

  33. Saya udh brp bulan cantengan pa tapi ga knjung smbuh jg sakit banget,smpe”ujung kaki tbtba kluar sprti daging dan berdrah

  34. Superrr banget sakitnya waktu di suntik …baru 1 jempol yg di operasi satu nya lagi kaga nahannn deh ….

  35. Saya mau tanya semoghq d jawab y,, nih kmaren tgl 7 oktober saya cabut kuku karana dah ga tahan lagi dengan kondisi jmpol tangan saya yg ber tahun tahun ga sembuh ahirnya saya oprasi y itu cabut koko tpi eeeh ko sekarang malah tumbuh kaya dululu lagi terus bernanah itu cara ngatasin nya kaya gimana mohon kasih tau dong,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: